Polres Kendal Musnahkan 3750 Botol Miras dan 16 Jerigen Ciu Hasil Ops Pekat

Tribratanewskendal.com – Ribuan minuman keras dan ratusan liter minuman oplosan dimusnahkan Polres Kendal, Jumat (26/5/2017). Pemusnahan miras ini dilakukan di halaman Polres Kendal dan disaksikan oleh jajaran Forkompimda Kabupaten Kendal, Ketua MUI Kendal, Ketua FKUB, Ketua NU Cabang Kendal, Ketua Muhammadiyah Kendal dan tokoh agama serta tokoh masyarakat di Kabupaten Kendal.

Sebelum pemusnahan miras diawali dengan penandatanganan Berita Acara Miras oleh Kapolres Kendal AKBP Firman Darmansyah, S.I.K. yang diwakili oleh Wakapolres Kompol Sugiyatmo, S.I.K., Bupati Kendal, Dandim 0715 Kendal, Kajari Kendal, Ketua MUI Kendal, Ketua NU dan Muhammadiyah. Selanjutnya secara simbolis Wakapolres Kendal beserta Forkompimda melemparkan miras yang kemudian bersama ribuan miras lainnya langsung digilas menggunakan alat berat.

IMG-20170526-WA0015
Wakapolres menyampaikan bahwa miras yang dimusnahkan tersebut adalah hasil dari Operasi Penyakit Masyarakat ( Pekat ) Polres Kendal yang dilakukan oleh jajarannya baik Polres maupun Polsek dari kota hingga di desa-desa selama kurun satu minggu terakhir. Razia pekat yang ditingkatkan tersebut guna menjaga situasi dan kondisi di wilayah Kendal agar senantiasa kondusif terutama menjelang dan selama bulan suci Ramadhan nanti.

“Tindak pidana kejahatan sering kali terjadi karena pengaruh miras. Maka dari itu tujuan dari razia miras untuk mengantisipasi timbulnya gangguan kamtibmas selama bulan Ramadhan dan diharapkan pelaksanaan puasa tidak dinodai dengan kegiatan negatif yang dapat mengganggu pelaksanaan ibadah puasa. ”, terang Wakapolres Kendal.

Disamping itu Wakapolres juga merinci miras-miras yang dimusnahkan pada pagi ini total sejumlah 3750 botol terdiri dari anggur orangtua 1021 botol, congyang 105 botol, anggur kolesom 764 botol, ciu 681 botol, anggur merah 218 botol, anggur putih 135 botol, bir 368 botol, mix max 17botol, wisky 84 botol, mansion 85 botol, vodka 165 botol, asoka 54 botol, ciu 681 dan ginseng 53 dalam botol aqua, serta 16 jerigen berisikan ciu dan ginseng.

“kepada para penjual mirasnya dikenakan tipiring dan semua akan disidangkan”, pungkas Kompol Sugiyatmo.

Disisi lain mewakili Ketua MUI Kabupaten Kendal KH. Ubaidilah yang juga merupakan tokoh agama di Kabupaten Kendal sangat mendukung dan mengapreasi langkah Polres Kendal dalam memberantas penyakit masyarakat dan siap bekerjasama untuk menciptakan kondisi dan lingkungan masyarakat yang baik.

“Kami memohon kepada jajaran Polres Kendal untuk tidak segan-segan melakukan razia miras karena lebih banyak mudhorotnya dan akan berbahaya bagi kehidupan masyarakat dan juga generasi muda”, tutur KH. Ubaidilah.

Diakhir pemusnahan miras Wakapolres menyampaikan himbauan dari Kapolres Kendal dan menegaskan kepada seluruh masyarakat agar tidak melakukan sweeping. Untuk kegiatan operasi atau sweeping penyakit masyarakat percayakan kepada Polri. Dan jika ada kelompok masyarakat yang melakukan sweeping diluar kewenangannya akan diproses sesuai hukum dan perundang-undangan yang berlaku.

[ Bripka Bagus Prakoso – Humas ]

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*